VIDEO FENOMENA MATA DEWA PANCA BALI KRAMA

Di hari Jumat, 24 April 2009 kemarin umat Hindu di Bali menyelenggarakan upacara penutupan Tawur Panca Bali Krama di Pura Besakih. Upacara ini digelar setiap 10 tahun sekali, yaitu pada Tilem Caitra/Kasanga ketika tahun Saka berakhir dengan 0 atau rah windhu.

Makna dari upacara ini?

Dalam Lontar Raja Purana, tawur agung yang diselenggarakan setiap 10 tahun itu disebut Panca Bali Krama, sedangkan dalam lontar yang lain disebut Panca Wali Krama. Inti dari tawur tersebut adalah caru. Caru dalam kitab Samhita Swara berarti ‘cantik’ yakni mengharmoniskan kembali. Dalam konteks ini, alam mesti diharmoniskan, termasuk sesama individu/umat menuju keharmonisan bersama. ‘Tawur agung Panca Bali Krama ini pada esensinya dalah upaya menuju hal-hal yang harmonis. Misalnya alam yang rusak mesti diperbaiki atau dilestarikan, hubungan sesama lebih diharmoniskan dan sebagainya. Jadi, tawur agung ini merupakan momen untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai sistem kehidupan menuju yang harmonis.

Nah, setelah upacara penutupan Tawur Panca Bali Krama di Pura Besakih selesai, ada fenomena alam yang menyerupai dua mata dan hidung di awan, berhasil terekam camera handphone seorang peranda di besakih, waktu bersih2.

silahken di unduh ^_^
video mata dewa 3gp

______________________________________

sekitar qita

ibu pertiwi berduka kembali
Gempa Tasikmalaya
Noordin M Top tewas di tangan petugas
Video hantu Michael Jackson
Bom JW Marriott Jakarta

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 7.2/10 (13 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: +1 (from 5 votes)
VIDEO FENOMENA MATA DEWA PANCA BALI KRAMA, 7.2 out of 10 based on 13 ratings
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Join the Conversation

39 Comments

  1. gua percaya 100% man!!!!!
    itu salah satu kebesaran ida sanghyang widi.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +4 (from 8 votes)
  2. Amazing island of GOD………!!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. suatu kebesaran IDA SANG HYANG WIDHI WASA…..
    SEMAKIN MEYAKINKAN GUE PADA AGAMA HINDU!!!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  4. saya orang hindu bahkan saya orang bali age/bali asli
    untuk kebesaran ida Sang Hyang wIDI sangat percaya dan yakin adanya. Tapi saya ragu dan mengatakan pembohongan umat Oleh segelintir orang yang tak bertanggung jawab atas video yang di edarkan.

    DIsana saya juga lihat tak satupun penjor yg melambangkan untuk upcara agama hindu pas waktu itu. Dan satu lagi yang buat say yakin VIDEO itu udah saya tonton sebelum video ini menggemparkan warga bali.

    Itu di post 2007 di youtube. menurut say ada yang mengganti background sound nya…silahkan temen2 lihat sendiri di

    http://www.youtube.com/watch?v=DyMXWIl7ay8&feature=related

    terimakasih.

    pesan : jangan buat umat resah. Tuhan penyayang umat, tuhan pelindung umat.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 3.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  5. betul dek . . . setuju kok

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. tapi itu memang benar,saya saksinya saya melihat langsung kejadian itu mengenai penjor ,karena diambil dari tengah tegalan maka penjor yang dipinggir jalan tidak kelihatan.Banyak yang melihat juga bahkan bapak gubernur bali juga melihat.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. minta videony donkk!!!!alnaa keren bangett!!!!semoga itu bukan tanda dunia akan kiamat!!! sbenernya kejadian tu bener ga ya????

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. hmb,,,,,,

    bngung jgak yaw prcya ama gtoand , tpy aqu sih prcaya yg kyk gtoand…

    maybe,,,,,,,,,

    hahahahaha

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Maaf temen-temen semua aku aku juga orang Bali asli…, namun dari beberapa refrensi yang saya cari di internet video fenomena tersebut terjadi di Negara Ukraina dan bukan di Bali apalagi di Besakih. Masalah yang ada melihat langsung apalagi Bapak Gubernur Bali melihat juga itu saya rasa bohong belaka. Bagaimana bisa isi dalam video tersebut sama dan orangnya juga sama cuma yang membedakan hanya sound background dan lucunya lagi itu dibilang Prandanya yang ngambil videonya.

    Coba diteliti lagi dari masing-masing videonya boss, Video yang di Ukraina terjadi pada tahun 2007 dan lengkap dengan bahasanya durasi video lebih panjang. Dan yang dibilang video di Besakih adalah hasil editan, tidak kejadian di Besakih…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Jangan membohongi umat Hindu untuk meresahkan Krama Bali….!!!!!!!!!!!!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. friend,, ini benar2 keajaiban tuhan… Q takjub dengan kebesarannya…….
    oya Q Uda Punya videonya…..

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. mnrt gue bg yg gcx prcy toe gblok!!!!
    asal lo tw za, “KEBESARAN TUHAN ITU AD” S’sbner nx tuhan tu nampakin diri alna bliau berterim KSH MA KITA coz alx kt dah sungguh-sungguh sembahyang d besakih

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. bwt tmn2 q,pcya y3a ma mata dewa nx toe, c0z toe bneran low…….

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. sungguh itu kebesaran IDA SHANG HYANG WIDHI WASA………..tp saya gak percaya dengan isu yg mengatakan bahwa sesuwunan di besakih mencari tumbal.!!!!sangat melecehkan sekali itu namanya

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Dulu sempat saya ragu, saya pikir itu rekayasa.tapi sekarang BENER!! saya percaya 100%!! kebesaran ida Sang Hyang Widhi!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  15. semua orang yakin dan percaya dengan kebesaran ida sang hyang widhi wasa. tp ini penipuan yg dibuat oleh manusia. ingat tuhan maha tau…

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  16. jauh dari pendapat kita apakah itu benar ataukah hanya kebohongan belaka, mengapa tidak kita kita sikapi dengan sesuatu yang kembali kepada diri kita sendiri, sangat mengagumkan dan membuat bulu kuduk merinding, ataukah hanya rasa cuek saja. om namah siwa ya.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  17. bohonnnngggggggg,and tukang kibulllllllllll. sebagai umat hindu tanpa video itupubn dari lahir sy dah kagum akan kebesaran tuhan,jelas2 vedio itu hasil editan,mengapa lantaran sepasang mata di awan kita baru mengagungkan bliau, dan mengapa tuhan berterimakasih sama kita, apakah tuhan pamerih untk di sembah, begitu banyak anak2 bliau yg ngak bs sekolah, hiduop di bawah garis kemiskinan, ,uang kkm yg msih di tilep megakibatkan ribuan rakyat bersedih, klu itu bisa anda bantu maka tanpa sembahyang sekalipun di sebut tawur agung , dan pasti mengharmoniskan segala bumi, dan tuhan tersenyum di dadamu bukan di awannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  18. sungguh sy merinding membacanya, ada yang baru percaya 100 % akan kebesarannya, “baru percaya” artinya semenjak sepasang mata di awan membuat anda ngeh dan baeru percaya. aduh.
    dari anda di dalam perut ibu sampai mengenal internet saat ini ,APA MENURUT ANDA TDK PERAN KEBESARAN YANG MAHA ESA? jujur saya katakan, melihat gembel yang minta2, gunung agung yang menjulanng,kecanggihan internet,dan teknologi, dan merekahnya bunga di halaman rumahku, jatuhnya pesawat yg banyak menelan korban, dan semua kenyataan hidup ini, adal;ah kebesaran ide sangyang widhi wasa. terus di mana letak peran kita terhadap kebesaran bliau itu? cukupkah dng sembahyang yg sungguh2 kita menggangap bliau berterimakasih sama kita?pernahkah kita merenung setelah sembahyang, kenapa kita bs berinternet sementara mereka bahkan ngak bs ke bangku smp??????? dan ironisnya sembahyang yang menghabiskan biaya ratusan juta dan di sudut sana ada hamba bliau yang ngak bs makan krn ngak bs bl segenggam beras. oh ide sanghyang widhi wasa,

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  19. saya rasa hp kameranya rusak makanya ada gambar gitu…..
    percaya saja…..
    saya sering melihat kayak gitu…
    bahkan awan berbentuk cwek telanjang pernah tak liat bikin saya jadi nafsu,,,,,,
    besok besok kalo ada gitu lagi jangan di buat2………
    oke
    percaya dewa ga pernah kelihatan….
    cman nak dewa kompyank sering tak liat…

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  20. betul km dek Tp gmn Buatnya………..??????

    saya mw belajar

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  21. yes gue percaya 100000000000000000%

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  22. kweren abiezzzzzz
    wa hahaHAHA

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. tanpa mengurangi rasa cinta saya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kebohongan mengatas namakan Tuhan lebih besar dari kebohongan terhadap masyarakat yang dibohongi

    Semoga umat Hindu selalu mencintai Ida Hyang Widhi…dengan maupun tanpa penampakan MATA DEWA

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  24. ya..Tuhan..! sampe segitunya kalian percaya?
    klo aq si percaya gak percaya , alx dalm setiap hembusan nafasq aq s`lalu mengangap ada kebesaran Tuhan, walaupun dia tidak menunjukan wujudnya.karena se tahu q Ida Sang Hyang WIdhi, tidak bisa dilihat namun bisa dirasakan kehadirannya.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  25. saya ga percaya sama video tuh, tuh semua cuman akal – akalan orang aja aku sebagai orang yang menjunjung tinggi hindu dharma ga akan percaya hal yang udah terjadi di ykraina 2007. ida sang hyng widhi maha adil maha tau dan maha penyayang astungkara kita sebagai pengikutnya akan slalu percaya akan keberadaannya dan gak segampang tuh di bodohi oleh video murahan tuh!!!!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +2 (from 2 votes)
  26. maaf nih temen2… ku mw kasih tau aja. video tuh udah aku liat dari thn kemarin. yang jelas kejadian tu bukan di indonesia…coz dari video asli yg qqu liat bahasanya bukan bhs indonesia palagi bahasa BALI. memang keajaiban Tuhan tu ada, tapi ga harus dipalsukan ky’ gini ceritanya. yaaaa mgkn biar keyakinan trhadap Tuhan bertambah. tapi buat orang yang tahu persis eritanya waktu ngbaca blog ini nyengir aja bukannya takjub.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  27. muluk-muluk itu gk ada mata dewa di besakih yang ada matahari… cuma orang yang pengetahwan kurang yg percaya,,,orang yang gk ngerti ilusinasi,n baru tau computer aja,,
    BEEEEEEE GOOOOOOO XXXXXX LOHHHHHH..
    sini belajar ma gue biar lbih pintar,,yg begox hubungin gue ya,,,ok!!!!!!
    cape deh,,,

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  28. yeelaahh..terserah lw pada mu bilang tu mata sapa,,gw ga peduli…
    yang jelas itu kebesaran ALLAH SUBHANAWATA’ALA…

    tuhan cuma 1,,
    ga banyak!!!!!

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  29. kita sebagai mahluk beragama pastinya harus percaya ma venomena ini.karena tuhan maha pencipta yang menciptakan segala fenomena bahkan seisi dunia tuhan yg menciptakan

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  30. gw gag tau kiamat kapan…??? yg penting muLai sekarang w harus bisa terima knyataan yg ada,, hanya allah yg maha mengetahui… kiamat itu pazti akan datang..
    islam pazti berjaya sepanjang masa….
    ALLAHU AKBAR………….

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  31. I am proud of being a Hindu

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  32. we are the one

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  33. aku bener2 percaya
    krn dalam fotoku juga tertangkap jelas mata dewa, foto 2minggu yg lalu diparang tritis, tgl 7 desember 2009… ini sungguh ada,,, aku bersumpah… namun aku tak tau apa arti semua itu

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)
  34. Assalamualikum….

    SALAM wahai sahabat2 ku smw,,maaf saya ikut berkomentar,,silahkan anda berkunjung ke blog/website ini,,niscaya kalian smw akan mengetahui apa itu sebuah keajaiban tuhan dan siapakah TUHAN itu,…..??

    wassalam…

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 2 votes)
  35. ente semua bahlul video kayak gitu puluhan di you Tube.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  36. klo video kyk gini emang ada puluhan bahkan ratusan di youtube,tapi video Mata Dewa kliatan asli tuhhhh…

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 1.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. video tersebut sudah banyak beredar di kalangan umat muslim

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. kok video itu dipermasalhakna?
    apa nggak pernah dapat pelajaran agam hindu bahwa tuhan itu tidak bisa dilihat tetapi dapat dirasakan, sama hal nya sperti gula yang dimasukkan ke dlm air gula itu tidak dpt dilihat namun dpt dirasakan kemanisannya begitu pula sifat tuhan.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. maf ea… q hanya mau numpang nanya,, soundtrack video itu judulnya apa ya??

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *