5 langkah ajaib untuk menjadi seorang Graphic Designer yang mustajab

sexy-dancer

Semua orang menginginkan logo, brosur, flyer dan media promosi perusahaannya memiliki informasi yang tepat tetapi juga menjadi eye-catching atau mempunyai desain yang keren. Perumpamaan kasar seperti Sexy Dancer akan mendapat pengunjung lebih banyak daripada orang jualan obat di pinggir jalan. Orang-orang umumnya tertarik pada hal-hal yang dirancang dengan baik dan indah dimata. Jadi tantangan bagi para designer graphic disini adalah bagaimana cara menyulab layar komputer yang kosong menjadi desain yang berbicara dengan bahasa visual kepada khalayak ramai tanpa hambur-hambur kata seperti penjual obat keliling.

obat-kuat

 

1. Toolkit / Persenjataan
Jangan gunakan obeng untuk memukul paku. Gunakan alat yang benar untuk pekerjaan ini. Jika Anda sedang mendesain brosur, jangan menggunakan Microsoft PowerPoint. PowerPoint diciptakan untuk presentasi itupun alakadarnya. Tetapi jika anda menginginkan proses dengan hasil yang mustajab gunakan software yang memang diciptakan untuk melayani napsu para creative dan desaigner sampai terpuasken, seperti product-product keluaran Adobe CS contoh InDesign, Photoshop atau Illustrator, software tersebut juga sangat terkenal reputasinya dalam hal akurasi warna yang akurat sesuai dan sangat mendekati dengan hasil cetak. Tapi jika ingin menggunakan software tersebut pastikan anda memiliki komputer yang mumpuni, komputer yang mampu menangani file-file raksasa dan multitasking. Jangan sampai waktu proses mendesain / perancangan anda menghujat tuhan karena menunggu 10 menit lebih hanya untuk mengeblog warna kedalam desain anda.

2. Kenali Kode Warna, Resolusi dan apa yang anda akan rancang
Kenali apa itu Pantone, CMYK, RGB dan ada apa dengan Resolusi..? yang terpenting kenali apa yang akan anda bikin desainnya, karena dengan mengenali product dan media akhir maka tidak akan ada pengulangan atau penyia-yiaan waktu dan tenaga karena sebuah kesalahan dalam proses perancangan. Ketika menyimpan file akhir atau finalize design pastikan bawasannya anda tau persis akan di bawa kemana file tersebut, apakah ke percetakan atau ke nona maya? sehingga anda dapat mengoptimize file tersebut sesuai dengan persyaratan dan permintaan media cetak atau media online.

3. Berbahasa Visual dengan baik dan benar
Penyampaian 160 kata diwakilkan menjadi 3 kata, sisanya silakan anda pikirkan secara visual.
Kenapa harus begitu… ? menurut anda…?
Apakah anda dapat membaca 160 kata dalam waktu kurang dari 5-10 detik….???
Apakah anda tertarik untuk melihat atau membaca tulisan yang terdiri dari ratusan huruf dalam 1 kotak sabun dari kejahuan…?
Apakah anda ingin mereka (target pasar anda) untuk tertarik dan dapat menangkap pesan yang anda ingin sampaikan tanpa harus tersiksa…?
Dari semua pertanyaan-pertanyaan di atas hanya satu jawabannya, pahami fungsi desain sebenarnya / desain adalah aktor utama di balik itu semua. Hasil akhirnya dari desain anda yang akan menentukan sukses tidaknya tujuan mulianya sebagai perwujutan dari media informasi publik / massal. Desain anda fantastic bila mana dapat menjawab semua tantangan diatas, dan ingat desain fantastic bukanlah desain fontastic.

4. Antara Center Point dan Ruang Kosong
Ruang kosong (putih) atau ruang dimana satu warna dominan adalah teman anda / mereka bukanlah musuh yang harus dilenyapkan. Ruang kosong adalah salah satu elemen yang dapat menjadikan kesempurnaan suatu desain. Dalam kesempurnaannya desain dituntut untuk tidak menyakiti atau membuat sengsara para penikmatnya. Desain yang baik dan sempurna tidak terlalu ramai dan ruwetbuwet sehingga memungkinkan untuk kejelasan visual dan penikmatpun langsung tau letak interesting pointnya (center point atau vocal point) pesan pun tersampaikan dengan sempurna. Ketika Unsur desain saling berdekatan atau terlalu dekat dapat membuat suatu informasi sulit untuk diproses dan dicerna, layaknya suara keras saling bersautan dan kita tersiksa olehnya tanpa mengingat satu kata pun dari suara-suara tersebut. Biarlah ruang kosong tersebut sebagai jeda dari beberapa elemen desain seperti gambar / ilustrasi, grafis dan teks sehingga pesan anda sangat mudah dimengerti tanpa melalui proses yang menyakitkan.

5. Finishing touch
Periksa settingan terahir pada desain anda. Selalu melakukan supervisor dalam proses finishing, kenali berbagai macam material dan proses cetak jika implementasi desain untuk media cetak, kalau untuk media online kenali berbagai macam ukuran monitor dan pixel untuk dapat gambaran the best view untuk desain anda. Optimazi ukuran file sangat penting disini jangan sampai desain anda terlalu lama untuk diload atau dilihat karena koneksi yang lelet.

Nah kelima langkah itulah yang harus dipunyai oleh seorang Graphic Design kalau ingin di anggab mustajab.

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *