+ archives

+ categories




Kapal Perang Canggih Trimaran Indonesia telah Lahir

KRI Klewang 625

KRI Klewang 625

Trimaran, Kapal Perang Canggih Buatan Indonesia

Kapal super canggih desain yang futuristik bikinan Indonesia telah dilahirkan. Kapal ini terbuat dari serat karbon bahan yang biasa di pakai pada mobil F1, mempunyai nama KRI Klewang (berjenis Trimaran / kapal berlunas tiga) berkecepatan 35 knot dan dapat dipersenjatai berbagai macam peluru kendali dan meriam anti pesawat terbang dan kapal selam, bisa di fokuskan menjadi kapal perang serbu, sergap dan destroyer.

Untuk edisi pertama kapal Trimaran ini di perlengkapi peluru kendali yang memiliki jarak tembak 120 kilometer. Kapal ini diproduksi oleh PT Lundin Industry Invest di Banyuwangi, Jawa Timur, dan diluncurkan pertama kali pada hari Selasa, 28 Agustus 2012 yang lalu.

Dalam lima bulan mendatang kapal perang canggih yang merupakan prototipe itu langsung bisa dioperasionalkan memperkuat jajaran armada tempur TNI Angkatan Laut. TNI Angkatan Laut memesan empat unit kapal, dan dalam lima bulan mendatang sudah jadi satu lagi kapal perang Trimaran, sedangkan dua unit lainnya akan segera dibangun secara bertahap hingga 2014.

Satu unit kapal Trimaran dihargai sekitar Rp. 114 miliar dan sumber dana yang diambil dari APBN 2011. Jika proyek pengadaan ini berhasil, maka bangsa Indonesia mengukir sejarah karena berhasil membuat kapal perang dengan komposit serat karbon pertama di dunia, dan kapal ini rencana akan dipatenkan dan diekspor ke luar negeri.

Direktur PT Lundin Industry Invest, John Lundin, mengatakan pihaknya telah melakukan ujicoba terhadap kapal dengan panjang sekitar 62,52meter tersebut dengan hasil memuaskan.. “Ini merupakan kapal Trimaran pertama yang dibuat dari serat karbon di dunia“. Amerika pernah membuat kapal sejenis dengan panjang 120 meter namun dari bahan alumunium atau baja.

USS Independence LCS-2

USS Independence LCS-2

USS Independence LCS 2

Design USS Independence LCS 2 made in USA

trimaran made in indonesia

KRI Klewang 625

X3KTrimaran1

Design X3K Trimaran 1 made in Indonesia

Kapal Cepat Rudal (KCR) Trimaran ini di bangun semenjak awal tahun 2010. Kapal cepat berpeluru kendali ini memiliki panjang keseluruhan 62,53 meter, panjang water line 50,77 meter, panjang water draft 1,17 meter, bobot mati 53,1 GT, kecepatan maksimum 35 knot, kecepatan jelajah 16 knot, dengan mesin utama 4X marine engines MAN nominal 1.800 PK, memiliki kapasitas 31 orang dan satu tim pasukan khusus.

John Lundin Yohanes dan Lizza

John Lundin Yohanes dan Lizza

Profile PT. Lundin Industry Invest

Direktur John Lundin Yohanes pria asal Swedia, beristrikan wanita Indonesia yang bernama Lizza sedang mendesain dan membuat kapal berkecepatan tinggi untuk patroli dan penyergapan pembajak yang dibantu oleh beberapa orang ahli dibidangnya di seluruh dunia untuk merancang KCR Trimaran ini. Proyek besarnya saat ini adalah KCR Trimaran yang mampu melesat 35 knot ini sama dengan 150 kilometer / jam ukuran kecepatan di darat.

PT. Lundin Industry Invest merupakan perusahaan yang telah berdiri di Banyuwangi sejak tahun 2004 dan telah memproduksi 72 unit kapal untuk militer, SAR dan kapal pesiar. Selain melayani TNI AL, berbagai produksinya diekspor ke Australia, Brunei, Thailand, dan Malasyia.

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 9.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: +1 (from 1 vote)
Kapal Perang Canggih Trimaran Indonesia telah Lahir, 9.0 out of 10 based on 1 rating
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comment to Kapal Perang Canggih Trimaran Indonesia telah Lahir

  • ini kapal emang ok sihh…tapi sayang baru beberapa hari peluncuran udahh kbakar..,,tapi, its ok!!! namanya juga lagi blajar harus ada yang gagal dulu..,,jangankan kita, negara kae amerika dan uni sovyet pun pernah mngalami kgagalan dalam pembuatan alat tempur… namun apabila kegagalan ini karena ada tanda kutif, terkena penyakit bangsa indonesia maka perlu diusut punya usut nihhh

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>