Digital VS Offset Printing

Digital vs Offset printing

 

Banyak perubahan menarik dalam dunia percetakan dan graphics communications dalam 1 dasawarsa terahir. Computer-to-Plate (CTP) sistem terbaru dalam dunia cetak offset tradisional, memberikan dampak perubahan besar didalam pemrosesan pelat cetak, kualitas pelat cetak semakin tinggi proses semakin cepat dan hasil cetak yang lebih baik dengan kualitas gambar yang menakjubkan. Lebih ramah lingkungan, bebas proses  kimia. Dan kemajuan jaman telah membawa kita kepada teknologi digital printing sehingga mencetak dapat dilakukan lebih cepat, potongan lebih tepat, dan hasil gambar dengan resolusi yang lebih tinggi pada periode waktu yang lebih singkat.

Kita sebagai orang awam pada umumnya tidak tahu tentang beda digital printing dengan offset printing. Nah oleh sebab itu mari kita berkenalan dengan dunia percetakan… Pertama, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari setiap metode pencetakan:

Digital printing
Tidak ada minimal order (*bisa order cetak cuman selembar).
Setiap lembar dapat menjadi unik (*design boleh berbeda).
Bisa kita tunggu hasilnya tidak perlu menunggu besok.
Lebih cepat dibungkus lalu di bawa pulang (tidak perlu waktu menunggu untuk pengeringan).
Proofing instan, tidak perlu proses pelat cetak atau pisah warna segala, data file – computer – langsung ngewes ke printer.
Biaya sesuai kantong pelajar dan mahasiswa jika order 100 lembar kebawah.
Pilihan kertas terbatas.
Support RGB color.
Ramah lingkungan bebas limbah kimia.

Offset printing
Ada minimal order per design.
Biaya, semakin banyak semakin murah perlembarnya.
Sekarang order… besok, 3 hari atau seminggu baru bisa di ambil.
Kualitas yang lebih baik dengan resolusi gambar yang lebih tinggi.
Hasil cetak cenderung lebih tahan lama ketimbang hasil cetak digital.
Lebih banyak pilihan model kertas.
Banyak model tintanya mulai Pantone Color, Spot dan pilihan tinta metalik (*Tidak semua warna dapat dibangun dari CMYK).

Kesimpulan yang bisa kita ambil
Setelah Anda baca postingan ini, mestinya Anda akan lebih pintar dan bijak mana yang akan Anda gunakan untuk mencetak undangan ulangtahun anak Anda…. ^_^.

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda
Jika hanya untuk mencetak kartu undangan di bawah 100 lembar, gunakan digital printing.
Jika deadline besok harus jadi, kalau tidak Anda di pecat.., gunakan digital printing (* siapkan budget lebih jika cetak di atas 100 lembar). Digital printing jelas merupakan pilihan terbaik untuk proyek cetak skala kecil atau terburu-buru, asalkan Anda tidak perlu kertas khusus atau warna spot.

Jika Anda punya waktu, proyek cetak skala besar, dan memiliki warna khusus seperti warna logo suatu perusahaan / produk besar yang harus cocok dengan color codenya, Anda butuh offset printing (*wajib).

Hehehe… gimana… semoga tulisan ini dapat membantu Anda harus kemana, jika suatu hari nanti Anda disuruh mencetak foto anak bos Anda atau mencetak brosur perusahaan tempat Anda bekerja…

 

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *