+ archives

+ categories




Cara mendapatkan Traffic untuk website atau blog baru

traffic new website

 

Selama 10 tahun terahir banyak orang didoktrin bahwa optimasi pada search engine baik itu Google, Yahoo dan Bing harus menjadi fokus utama anda ketika mencoba untuk mendapatkan lalu lintas / traffic ke blog atau situs web baru.

Tapi ada sejumlah cara lain untuk mendapatkan lalu lintas yang tidak ada hubungannya dengan optimasi search engine.
Dan jika anda benar-benar serius ingin mendapatkan lalu lintas yang anda perlukan maka ada baiknya menyimak tips dibawah ini.

1. Buat konten yang berkwalitas
Saya tahu, anda mungkin bosan mendengar ini. Tapi itu realita. Jika anda tidak mulai dengan konten yang berharga atau berguna untuk pembaca maka tidak akan ada visitor yang kembali pada blog atau situs anda.

Tidak peduli bagaimana anda mendapatkan konten yang berkwalitas, entah anda membayar orang untuk menulisnya atau menulis sendiri atau apapun yang penting tulisan itu unik bukan copy paste dari website orang lain. Jangan sekali-kali lakukan copy paste Google atau search engine lainnya akan mengetahuinya dan itu ilegal.

Jika situs Web anda memiliki konten yang baik maka tidak mustahil akan ada banyak orang menanti updatean baru dari website anda lalu mereka berlanganan RSS feed pada website anda, bookmark situs Anda, atau memberitahu teman mereka.

Lalu lintas tidak ada artinya tanpa konten yang baik!

2. Desain / Layout Website yang user friendly
Sebelum mendapatkan traffic ke situs anda,  pastikan website anda mudah untuk digunakan. Ada ratusan hal yang mungkin bisa dilakukan untuk meningkatkan atau memikat pengunjung anda untuk selalu ingin kembali mengunjungi website anda.
Berikut adalah  faktor utama yang perlu anda perhatikan untuk hal ini:

  • Form pencarian wajib ada, gunakan fitur pencarian pada blog atau situs anda.
  • Sistem Navigasi yang mudah dan jelas, usahakan desain yang efisien tanpa mempergunakan aksesoris yang berlebihan.
  • Menu pada website usahakan menggunakan teks, untuk memepercepat proses loading data website anda. gunakan scroll down menu jika terdapat sub menu.
  • Sediakan button atau tombol link menuju RSS feed pada situs anda dan letakkan pada tempat yang sekiranya mudah terlihat dan ditemukan.
  • Usahakan hanya dengan 3 klik kedalaman (tidak lebih, boleh kurang lebih bagus), visitor sudah mendapatkan apa yang mereka cari pada website anda.
  • Perhatikan kecepatan loading website anda pada waktu membukanya, jangan sampai terlalu lambat.
  • Jangan lupa pasang juga tombol sharing ke sosial media seperti Facebook, Twitter dll.
  • Pergunakan Google analytics – hal ini penting jika anda menginginkan laporan detail traffic pada website anda. Fasilitas ini gratis dan sangat penting dimana anda dapat melacak halaman website yang paling populer dan dari mana traffic itu datang. Hal ini akan membuka cakrawala anda untuk mencetuskan ide-ide bagaimana cara untuk memperbaiki atau meningkatkan traffic pada situs web anda.

3. Tinggalkan komentar pada blog lain
Jika anda dapat menemukan blog yang berisikan atau topik yang berhubungan dengan situs anda dan terdapat form isian untuk meninggalkan komentar silahkan anda meninggalkan komentar yang berarti pada postingan mereka. Jika seseorang meminta atau meninggalkan komentar dengan pertanyaan maka anda harus mengambil kesempatan ini untuk menjawab pertanyaan tersebut dan biarkan mereka tahu bawasannya mereka akan dapat menemukan lebih banyak informasi dari blog atau situs web anda.

4. e-mail list
Jika anda tidak memiliki daftar e-mail, anda perlu untuk membangun segera. anda tidak menginginkan orang mengunjungi website anda sekali dan tidak pernah kembali, anda dapat mengundang mereka untuk bergabung dengan daftar e-mail anda (dan memberi mereka sesuatu yang bermanfaat bagi mereka) dan kemudian anda pasti bisa mendapatkan 10 atau 20 atau 30 kali kunjungan dari orang itu.

5. Dapatkan traffic dari forum
Salah satu cara untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas ke website anda, meskipun anda mungkin mendapatkan tidak banyak traffic setiap harinya dari forum tersebut tetapi ini merupakan cara pemasaran yang efektif.

6. Dapatkan traffic dari Sosial Media
Pasang dan sebarkan url blog atau situs web anda pada account twitter, facebook anda sehingga teman-teman atau jaringan anda dapat mengetahui info terbaru dari website anda.

7. Pasang URL website pada kartu nama anda
Lain kali saya ingin membikin kartu nama saya lengkap dengan URL / alamat website saya.

8. Pasang URL website pada signature email
Memasang url pada signature email membuka pintu lain untuk mempersilahkan visitor untuk datang.

Nah, apa pendapat anda?
Tinggalkan komentar di bawah ini dan mari berbagi pengalaman anda!
Butuh bantuan untuk meningkatkan traffic website anda?
Hubungi saya kapan saja anda mau clik di sini

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments to Cara mendapatkan Traffic untuk website atau blog baru

  • keren nih tipsnya.. dapat pencerahan baru dari sini. makasih infonya ya mas.

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  • masuk akal.. informasinya sangat tepat sekali. dengan membuat konten yang berkualitas serta orisinil bisa disukai google. karena konten adalah nyawa dari website kita. salam kenal

    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.20_1166]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>