+ archives

+ categories




Bagaimana Search Engine Bekerja

Search Engine

 

Kebenaran hakiki dan mendasar yang perlu Anda tanamkan ke dalam otak Anda jika inginĀ  belajar SEO adalah mesin pencari bahasa kerennya search engine bukanlah seorang manusia atau gerombolan manusia. Sementara ini mungkin jelas bagi kita semua, perbedaan antara manusia dan mesin pencari di dalam melihat sebuah halaman website. Tidak seperti manusia, mesin pencari adalah mesin pembaca. Meskipun teknologi kemajuannya sangatlah pesat, mesin pencari bukan makhluk cerdas yang dapat melihat atau merasakan keindahan desain atau menikmati suara dan gerakan dalam film. Sebaliknya, mesin pencari mengeranyangi Web dengan membaca isi teks yang ada pada website tersebut, untuk mendapatkan ide situs atau website tentang apa yang sedang dia geranyangi sekarang. Penjelasan singkat diatas bukan yang paling tepat karena seperti yang kita akan baca selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian yang tepat – crawling, indexing, pengolahan, menghitung relevansi, dan mengambil.

Pertama, mesin pencari mengeranyangi Web untuk melihat apa yang ada didalamnya. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler atau spider (kalau pada Google dinamain Googlebot). Spider ini mengikuti links dari satu halaman ke halaman lain dan mengindeks segala sesuatu yang mereka temukan didalam proses mengeranyangi tadi. Bayangkan berapa jumlah halaman seluruh website yang beredar di jagat internet (lebih dari 20 miliar), rada mustahil spider mengunjungi sebuah website / situs dalam sehari 2 kali atau lebih hanya untuk melihat apakah ada halaman baru telah muncul atau ada halaman telah dimodifikasi, kadang-kadang crawler mengunjungi sebuah website / situs anda dalam 1 bulan sekali, kecuali anda selalu mengupdate website anda secara harian.

Apa yang dapat anda lakukan supaya sang spider / crawler selalu bernapsu untuk mengeranyangi situs anda. Seperti telah disebutkan di atas, crawler bukan manusia dan mereka tidak melihat gambar, Flash movie, JavaScript, frame, halaman yang dilindungi sandi / password dan diprotek, jadi jika anda memiliki hal tersebut tadi segara lakukan pembenahan atau perbaikan pada situs anda, kalau memang anda menginginkan kesuksesan ber SEO. Jika sang spider / craler tidak dapat melihat isi sebuah website maka mereka tidak akan digeranyangi, otomatis tidak diindeks, tidak diproses, dll – dalam kata lain website anda tidak bakal di temukan atau terlisting pada mesin pencari / search engine.

Note:
Website berbasis flash movie masih dapat di geranyangi oleh googlebot dengan trik-trik kusus didalam proses flash developnya baca disini, buktinye, hasilnye

VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.20_1166]
Rating: 0 (from 0 votes)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>